Bincang Teknik Di Radio Republik Indonesia RRI Surakarta
Home
Berita
Bincang Teknik Di Radio Republik Indonesia RRI Surakarta
15 Mei 2016 | 1126

Bincang Teknik Di Radio Republik Indonesia RRI Surakarta

MENATA BAGIAN DEPAN RUMAH AGAR AGAR MENJADI LEBIH NYAMAN itulah topik bincang teknik tanggal 9 Mei 2016 di Programa 1 Frequensi 101.0 Mhz mulai pukul 10.00Wib s.d.10.55 Wib di Radio Republik Indonesia RRI Surakarta. Dengan Nara Sumber Dr. Mohamad Muquffa selaku Dosen di Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UNS.

Tema ini diangkat karena melihat kecenderungan masyarakat yang salah mengartikan atau memfungsikan bagian depan rumah sehingga tidak tertata rapi.

Pada rumah-rumah ukuran tanah/kavling yang relative kecil (70-100m2), maka ada kecenderungan masyarakat untuk menggunakan seluruh tanah sebagai ruangan (bagian yang terbangun). Hal tersebut termasuk lahan bagian depan rumah juga tidak tersisa, seluruhnya menjadi ruangan ( ruangan untuk menerima tamu, teras, dan sebagainya). Fenomena itu tentu menjadikan tata ruang menjadi cukup penuh sesak (crowed). Tidak ada lagi ruangan terbuka, untuk ruang hijau, vegetasi, yang memungkinkan sirkulasi udara mengalir dengan lancar.

Menyikapi hal demikian, maka perlu langkah kreatif guna menata bagian depan rumah sehingga akan mendapatkan pola peruangan yang lebih nyaman. Nyaman secara fungsional,visual (estetik) dan termal. (Ari Humas dan ECDC FTUNS)

 

 

Tags: arsitektur,artikel,fakultas-teknik,pendidikan,program-studi,universitas-sebelas-maret,uns

0 Comments

Leave a comment