Kuliah Tamu Oleh Dr. Johan Heymans, Rotterdam University Of Applied Scinece, Netherland.
Home
Berita
Kuliah Tamu Oleh Dr. Johan Heymans, Rotterdam University Of Applied Scinece, Netherland.
21 Maret 2018 | 216

Kuliah Tamu Oleh Dr. Johan Heymans, Rotterdam University Of Applied Scinece, Netherland.

Program kuliah tamu ini diinisiasi oleh Laboratorium Urban-Rural Design and Conservation, Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2018, di Ruang Sidang Senat Fakultas Teknik UNS, menghadirkan Dr. Johan Heymans, Rotterdam University of Applied Scinece, Netherland. Kuliah tamu ini dihadiri sekitar 60 peserta yang berasal dari beberapa program studi di lingkungan Fakultas Teknik UNS, termasuk Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Pada kuliah tamu Dr. Johan mengetengahkan topik “Dutch Water Management Practices Applicable in Indonesia”. Kuliah dibuka dengan menyebutkan berbagai macam permasalahan air yang dihadapi oleh Indonesia juga di Belanda serta belahan dunia lainnya. Seperti yang kita ketahui bersama Negara Belanda hidup dibawah batas garis permukaan air laut. Oleh karennya manajemen air dalam tata kelola kota menjadi sangat penting dan memakan biaya investasi infrastuktur yang cukup besar.

Kemudian kuliah dilanjutkan dengan pemaparan berbagai macam rekayasa yang telah dilakukan oleh Negara Kincir Angin dalam usahanya memanajemen air, terutama banjir. Selain karena negara tersebut berada 26% di bawah permukaan air laut, usaha untuk melindungi diri dari banjir juga dilihat dari sisi ekonomi. Apabila banjir terjadi, kerugian yang akan dicapai sekitar €2.000 triliun. Tercatat pada tahun 1953, 1993 dan 1995, banjir besar menghampiri negara ini. Dari upaya penanggulangan banjir kemudian berubah menjadi upaya pencegahan banjir. Upaya pencegahan banjir dilakukan dengan perubahan melindungi air laut menjadi melindungi sungai, penghijauan di tepi sungai, dan kesadaran akan climate change. Hal ini juga berimplikasi pada bentuk urban design yang ramah terhadap air. Dalam kuliahnya Dr. Johan juga menerangkan bahwa Climate Change menjadi isu penting dalam pengelolaan manajemen air di Belanda.

Bersamaan dengan kuliah tamu, dilakukan kegiatan penandatangan perjanjian MoU antara Fakultas Teknik UNS dengan Built Environment Rotterdam University of Applied Sciences. Adapun kesepakatan di dalam MOU termasuk didalamnya pertukaran mahasiswa intern selama satu semester antara kedua belah pihak, pertukaran staff pengajar, melakukan riset bersama. Kegiatan Fakultas Teknik Arsitektur dan Rotterdam University Applied Science telah dilakukan sejak tahun 2015, pertukaran student intern dari Rotterdam University ke UNS pada bulan September-Januari 2018 telah menjadi kegiatan rutin.

Tags: kemahasiswaan,kuliah-tamu

0 Comments

Leave a comment