Kunjungan Istri Panglima TNI di Fakultas Teknik UNS
Home
Berita
Kunjungan Istri Panglima TNI di Fakultas Teknik UNS
22 Maret 2018 | 660

Kunjungan Istri Panglima TNI di Fakultas Teknik UNS

Agenda Dies Natalis UNS ke 42 kali ini pada hari Selasa, 20 Maret 2018, menghadirkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk memberikan kuliah umum di Auditorium UNS. Rombongan Panglima TNI disertai dengan ibu Panglima TNI, Nanik Istumawati. Dalam Agenda yang berbeda saat Panglima TNI memberikan kuliah umum, ibu Nanik Istumawati melakukan kunjungan ke beberapa fakultas yang salah satunya Fakultas Teknik, guna melihat lebih dekat peran fakultas dalam mewujudkan Go Green. Di Fakultas Teknik rombongan ibu Nanik diterima di Ruang Sidang Timur dan disambut langsung  oleh Dekan, Dr.techn Sholihin As’ad, MT beserta dengan para Wakil Dekan dan juga para pejabat dilingkungan Fakultas Teknik UNS. Rombongan ibu Nanik terlihat juga ibu Handayani Ravik Karsidi yang merupakan istri dari Rektor UNS.  Dalam sambutan selamat datang dikatakan oleh Dekan bahwa banyak penemuan dari Fakultas Teknik yang dapat menunjang terlaksananya Go Green, seperti Teknologi Baterai ramah lingkungan, Teknologi air minum dan Teknologi Panel Surya. Sehingga pada kunjungan ibu Panglima TNI dipresentasikan terkait dengan  hasil penemuan Fakultas Teknik tersebut.

Teknologi Baterai Ramah Lingkungan,  bekerja sebagai penyimpanan arus listrik, penemuan ini menjawab tantangan akan program hemat listrik, sehingga baterai yang mempunya sifat menyimpan arus listrik dapat  menjadi pengganti pada saat listrik padam demikian dikatakan oleh Dr. Eng. Agus Purwanto, S.T., M.T.

Teknologi Air Minum, merupakan penemuan yang memanfaatkan kandungan air di lingkungan UNS. Dari  penemuan tersebut didapatkan bahwa ada kandungan air yang sangat tinggi di lingkungan UNS ini, sehingga dengan hasil ini, Ir. Solichin, M.T. mempunyai ide untuk membangun instalasi air munim dari sumber air yang berlokasi dekat Kantor Pos UNS , menuju unit-unit dilingkungan UNS sehingga tiap unit dapat memenfaatkan air olahan UNS.

Satu lagi penemuan dari Fakultas Teknik yaitu Teknologi Panel Surya. Panel Surya ini adalah panel yang menghasilkan listrik dari tenaga surya. Dengan mengumpulkan tenaga surya dalam panel tersebut diubah untuk menjadi tenaga listrik demikian disampaikan oleh Chico Hermanu Brillianto A, S.T. ,M.T.

Dari semua penemuan yang disampaikan oleh Fakultas Teknik diapresiasi oleh Ibu Panglima TNI. Dan menjadi usulan ibu Panglima TNI untuk menerapkan penemuan tersebut di sekolah-sekolah dan kantor-kantor di lingkungan TNI.

Tags: fakultas-teknik

0 Comments

Leave a comment