Prodi Teknik Industri FT UNS Menyelenggarakan Descomfirst 2016
Home
Berita
Prodi Teknik Industri FT UNS Menyelenggarakan Descomfirst 2016
15 Mei 2016 | 705

Prodi Teknik Industri FT UNS Menyelenggarakan Descomfirst 2016

Industrial Engineering Conference (IDEC) dengan mengangkat tema “To Be Competitive Industry Economic Asean Community Era using Robust Design Methodology” kembali digelar. 2016 the 3rd IDEC merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Program Studi Teknik Industri Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Bertempat di The Alana Hotel Solo, 2016 the 3rd IDEC berlangsung selama dua hari, yakni Selasa – Rabu (3 – 4/5/2016) dan dibagi menjadi seminar international, konferensi nasional, workshop. Noordin Bin Mohd. Yusof – guru besar Desain Eksperimen Universitas Teknologi Malaysia (UTM), Eko Pujiyanto (UNS), dan Susanto (Mega Andalan Kalasan, Jogjakarta) dihadirkan sebagai pembicara seminar internasional pada hari pertama. Ketiga pembicara menyampaikan permasalahan mengenai desain eksperimen dan bagaimana cara meningkatkan kualitas persaingan di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Pada hari kedua, Noordin Bin Mohd. Yusof dan Eko Pujiyanto dihadirkan kembali sebagai pemateri workshop dengan tema Desain Eksperimen. Keduanya memberikan bahasan mengenai desain eksperimen di antaranya Taguchi Design, Optimization, dan Multiresponse Experiment.

I Wayan Suletra, Ketua 2016 the 3rd IDEC berharap, melalui kegiatan ini mampu menjadi wadah pertemuan ilmiah antara industri, pemerintah, dan akademisi serta memberikan manfaat bagi sektor industri dalam menghadapi bisnis global secara berkelanjutan pada masa MEA ini. I Wayan Suletra menambahkan perkembangan keilmuan di bidang optimasi perancangan (design optimization) sangat penting untuk mereduksi waktu, biaya, serta meningkatkan kualitas dan keakuratan hasil rancangan. Pemanfaatan eksperimen pada industri-industri manufaktur di Indonesia memiliki peran penting dalam meningkatkan kulaitas persaingan di era MEA agar produk dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar

Pada kesempatan 2016 the 3rd IDEC di hari pertama, panitia juga mengumumkan pemenang Design Competition for Industrial System and Environtment (DESCOMFIRST) 2016 (baca: Babak Final DESCOMFIRST 2016, 11 Finalis Paparkan Ide tentang Sustainable Design). Tim dari Universitas Surabaya berhasil menyabet juara 1 dengan judul desain Flip Truck, disusul tim Universitas Kristen Maranatha – judul desain Smart Multi Truck, dan tim Institut Sepuluh November – judul desain Metafora S16 sebagai juara 2 dan 3. (ARI HUMAS DAN ECDC FT.UNS)

Tags: fakultas-teknik,lomba-keilmuan-teknik-industri,pendidikan,program-studi,teknik-industri

0 Comments

Leave a comment