Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNS Menerima Kunjungan dari SMA Negeri 81 Jakarta
Home
Berita
Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNS Menerima Kunjungan dari SMA Negeri 81 Jakarta
11 April 2018 | 850

Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNS Menerima Kunjungan dari SMA Negeri 81 Jakarta

Perkembangan Fakultas Teknik sudah dapat dirasakan oleh masyarakat, sehingga banyak masyarakat dan lembaga yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Fakultas Teknik UNS. Dengan banyaknya informasi terkait dengan perkembangan Fakultas Teknik ini maka pada hari Selasa, tanggal 10 April 2018, bertempat di Ruang Sidang Utama Fakultas Teknik menerima kunjungan dari SMA Negeri 81 Jakarta, yang  datang untuk menggali informasi tentang Fakultas Teknik khususnya Prodi Teknik Sipil. Rombongan terdiri 200 siswa  SMA Negeri 81 Jakarta, 10  orang perwakilan Komite Sekolah. Dr. Diana sebagi perwakilan Komite SMA Negeri 81 Jakarta, banyak mendiskusikan tentang Prodi Studi Teknik Sipil FT UNS.

Bapak Wibowo ST, DEA selaku Kepala Program Studi S1 Teknik Sipil, menjelaskan seluruh operasional perkuliahan dari  mulainya  perkuliah sampai pada selesainya, ditentukan dengan sistem SKS yang harus  ditempuh  10 semeter dan juga peluang kerja lulusan Teknik Sipil FT UNS. Kualitas lulusan dari Teknik Sipil FT UNS yang cukup baik, mengakibatkan tingginya permintaan lulusan Teknik Sipil FT UNS, untuk bergabung pada suatu lembaga dan BUMN. Dengan tingginya permintaan lulusan dari Teknik Sipil ini, maka banyak BUMN  yang menetapkan sistem beasiswa bagi mahasiswa Teknik Sipil FT UNS, dengan maksud untuk mengikat lulusan bekerja di BUMN. Dijelaskan juga oleh Kaprodi S1 Teknik Sipil tentang kondisi mahasiswa saat ini yang hampir 50 % dari jumlah keseluruhan mahasiswa adalah perempuan, ini menunjukkan bahwa prodi Teknik Sipil tidak hanya didominasi oleh kaum pria tapi sudah mulai diminati oleh kaum perempuan. Prodi Teknik Sipil adalah prodi yang paling awal dimiliki oleh Fakultas Teknik UNS, sehingga sudah mempunyai alumni yang paling tinggi dari pada prodi-prodi lain di Fakultas Teknik.

Prodi Teknik Sipil mempunyai wadah tersendiri dalam penangan Alumni, yaitu Yayasan Alumni Peduli atau ALPED. Dijelaskan oleh bapak Ir. Sofa Marwoto, MT salah satu pendiri ALPED tentang kegiatan Alumni yang sangat membantu dalam pelaksanakan  kegiatan yang dilakukan oleh Prodi Teknik Sipil. Juga program sosial yang menetapkan beasiswa khusus bagi mahasiswa Teknik Sipil yang kurang mampu, dengan kriteria yang telah ditetapkan maka diharapkan mahasiswa tidak takut untuk kuliah, atau putus dijalan karena tidak ada biaya. Kriteria pemberian beasiswa adalah Mahasiswa yang orang tuannya tidak mampu atau dari keluarga miskin, mahasiswa dengan IP = 3,70 langsung  mendapat beasiswa, mahasiswa yang magang atau Kuliah Kerja Lapangan di luar Jawa Tengah, mahasiswa yang mengikuti lomba karya ilmiah tingkat nasional maupun internasional. Periode pemberian beasiswa Semester Pebruari Juli 2018 sebanyak 100 mahasiwa, dengan keseluruhan  mahasiswa yang aktif di Program Studi Teknik Sipil sebanyak 500 mahasiswa, sehingga beasiswa Alped telah diberikan 20% dari seluruh jumlah mahasiswa yang aktif di program studi Teknik Sipil FT UNS. Mengakhiri kunjungan tersebut semua siswa dari SMA Negeri 81 Jakarta melakukan cek lokasi perkuliahan di Prodi Teknik Sipil.

Tags: fakultas-teknik,teknik-sipil

0 Comments

Leave a comment