Sosialisasi Indonesia Accreditation Board For Engineering Education (IABEE)
Home
Berita
Sosialisasi Indonesia Accreditation Board For Engineering Education (IABEE)
26 Maret 2018 | 2961

Sosialisasi Indonesia Accreditation Board For Engineering Education (IABEE)

Dalam menghadapi persaingan internasional dan telah berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Community atau MEA berdampak ke hampir semua sektor di Indonesia. Mulai dari sektor perdagangan, pariwisata, manufaktur, dan sebagainya. Imbas dari pasar bebas antarnegara di Asia Tenggara tersebut adalah terbentuknya iklim persaingan yang semakin ketat. Di tingkat persaingan kerja, negara yang memiliki sumber daya manusia yang lebih unggul bisa lebih mudah memenangkan persaingan. Sementara negara yang memiliki sumber daya manusia yang masih cukup rendah harus berjuang ekstra keras untuk bisa ikut bersaing dalam memenangkan persaingan. Menghadapi tantangan tersebut Fakultas Teknik UNS akan melakukan akreditasi tingkat internasional di semua program studi secara bersama-sama  dan berkelanjutan sehingga meefektifkan dan efisensi anggaran. Akreditasi internasional merupakan kebutuhan yang mendesak, baik universitas negeri maupun swasta semua berlomba-lomba menangkap peluang masa yang akan datang, untuk itu pada hari Senin tgl 26 Maret 2018, bertempat di Ruang Sidang Utama, Fakultas Teknik UNS mengadakan sosialisasi “Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE), dengan pembicara Ir. TMA Ari Samadhi, Ph.D yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal IABEE.

IABEE merupakan sebuah organisasi independen nirlaba yang didirikan sebagai bagian dari lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi teknik. Ini dicapai melalui penjaminan bahwa Program-program Studi teknik diselenggarakan dengan memenuhi bakuan-bakuan minimum, dan dengan mempergiat peningkatan mutu berkesinambungan dalam lembaga-lembaga pendidikan tinggi. Nama resmi IABEE dalam bahasa Inggris adalah Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

IABEE diakui di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) sebagai badan yang bertanggungjawab terhadap akreditasi program-program studi yang memberikan gelar akademik di bidang teknik, teknologi, dan komputasi. Akreditasi Nasional oleh IABEE bersifat wajib bagi Program-program Studi yang mewisuda lulusan, sesuai dengan peraturan hukum di Indonesia. Akreditasi Internasional oleh IABEE bersifat pilihan, dimana kelayakan suatu Program Studi untuk menjalani proses Akreditasi Internasional ditentukan sebagian berdasarkan peringkat Akreditasi Nasionalnya.

IABEE dibentuk dengan pembinaan oleh JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education), yang telah berstatus sebagai penandatangan Washington Accord, yakni perjanjian multilateral yang mengatur kesetaraan lembaga akreditasi mandiri mancanegara untuk  bidang Program Studi teknik.

Tags: fakultas-teknik,uns

0 Comments

Leave a comment