Universitas Sebelas Maret Mengangkat Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo,PhD Sebagai Adjunct Profesor
Home
Berita
Universitas Sebelas Maret Mengangkat Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo,PhD Sebagai Adjunct Profesor
17 Juli 2018 | 387

Universitas Sebelas Maret Mengangkat Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo,PhD Sebagai Adjunct Profesor

Publikasi Internasional yang terindeks scopus menjadi tolak ukur prestasi dan rangking dari  suatu perguruan tinggi. Semakin banyak publikasi internasional terindeks scopus semakin tinggi juga rangking  yang di raih oleh perguruan tinggi tersebut. Universitas Sebelas Maret yang mempunyai visi untuk World Class University ( WCU) selalu gencar mendorong semua civitas akademika untuk bisa membuat karya ilmiah yang terpublikasikan secara internasional. Dalam rangka peningkatan kapasitas, rangking dan publikasi Internasional ini, bertempat di Ruang sidang senat Fakultas Teknik UNS. Senin 16 Juli 2018 telah diserahkan Surat Keputusan Rektor No. 488/UN27/HK/2018 tentang pengangkatan Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, PhD sebagi Adjunct Profesor yang mempunyai tugas , memberikan arahan , masukan guna peningkatkan publikasi internasional UNS. Surat keputusan diserahkan oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. techn Sholihin As’ad, MT dan disaksikan para wakil Dekan, pejabat struktural di lingkungan Fakultas Teknik dan jajaran prodi Teknik Elektro.

Di tempat yang sama setelah  penyerahan Surat keputusan, dilaksanakan Diskusi Tentang Pengembangan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNS bersama Prof.Josaphat Tetuko Sri Sumantyo,PhD ( Chiba University Japan ). Teknik Elektro merupakan prodi termuda di Fakultas Teknik sehingga diperlukan pemikiran yang khusus guna mencetak lulusan yang berkualitas.

Dalam sambutan, Dr.techn Sholihin As’ad,M.T mengharapkan pengembangan Teknik Elektro UNS  bisa seperti Teknik Elektro di UNHAS  yang saat ini telah mengembangkan Kurikulum Berbasis Penelitian dan Pengembangan (Kurikulum Berbasis Litbang) atau Research and Development (R&D)-based Curriculum sesuai dengan konsep LBE (Laboratory-based Education). Pengembangan Teknik Elektro UNS perlu adanya 3 penekanan KBK . Pertama KBK Bidang Energi Terbarukan, kedua KBK Bidang Mekatronika, dan yang ke tiga KBK bidang Komputer dan Telekomunikasi. Tiga penekanan ini yang harus menjadi konsentrasi dalam pengembangan Teknik Elektro selain kesesuaian road map dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Prodi Teknik Elektro, kata Prof Jos.

Selaku Adjunct Profesor, Prof. Josaphat akan melakukan riset publikasi internasional yang dimulai dari Teknik Elektro Fakultas Teknik UNS. Diakhir diskusi Prof. Jos mempersilakan kepada seluruh mahasiswa yang akan melakukan kerja praktek atau riset di Laboratorium Prof. Josaphat di Chiba University Japan dengan ketentuan 6 bulan sebelum kerja praktek data-data kelengkapan melaksanakan kerja praktek atau riset sudah ada melalui Kemenristekdikti.

Tags: fakultas-teknik,uns

0 Comments

Leave a comment