FT.UNS.ac.id - Faculty of Engineering, Sebelas Maret University
Home
Profil
Program Studi Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro

VISI DAN MISI PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK ELEKTRO

Dasar Pendirian :

SK Meteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. No. : 17/E/O/2014, ditetapkan di Jakarta, tanggal 29 April 2014, Kemendikbud, a.n. DirJen Dikti, Djoko Santoso.

 

VISI                                                

Menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang Teknik Elektro, meliputi aspek kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, berlandaskan nilai-nilai luhur budaya nasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dengan mengembangkan system belajar mengajar dengan paradigma baru : “Student Centred Learning” yang terbimbing.
  2. Menyelenggarakan pengembangan pribadi yang mumpuni yaitu yang kreatif, inovatif dan kompeten didukung oleh sikap yang bersahabat, adil dan bersungguh-sungguh, melalui keluarga asuh.
  3. Mengembangkan bidang ilmu teknik elektro terutama menyangkut bidang energi, isyarat, informasi, mekatronis dan elektro-otomotif
  4. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan teknologi baru secara terencana dan berkesinambungan sejalan dengan proses belajar dan mengajar.
  5. Melaksanakan pererapan teknologi baru dalam rangka pengabdian pada masyarakat.
  6. Menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing yang tinggi dan berbudi luhur.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang mumpuni dalam bidang teknik elektro yang mempunyai integritas dan motivasi secara kreatif, inovatif, bersahabat, adil dan kompeten sehingga mempunyai daya juang dan daya saing yang tinggi serta berbudi luhur sehingga mampu berkarya secara profesional secara mandiri maupun kerjasama tim yang didasari pengetahuan yang cukup untuk menjawab tantangan yang ada untuk meraih keunggulan dalam pengembangan sumber daya manusia.
  2. Mentransfer pengetahuan (transfer of knowledge) pada mahasiswa secara efektif, kreatif, inovatif, profesional dengan melaksanakan proses belajar mengajar bertumpu pada kegiatan mandiri mahasiswa dan tim untuk meraih keunggulan dalam penguasaan bidang ilmu.
  3. Menghasilkan inovasi bidang ilmu teknik elektro meliputi bidang teknologi energi, isyarat, informasi dan mekatronis secara porposional dengan melaksanakan penelitian yang terencana dan berkesinambungan untuk meraih keunggulan dalam pengembangan bidang ilmu, terutama dalam bidang elektro-otomotif.
  4. Menghasilkan teknologi baru yang memberi solusi bagi permasalahan yang ada guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk meraih keunggulan dalam pengabdian pada masyarakat.

LABORATORIUM

Laboratorium memegang peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran pada program studi S1 Teknik Elektro. Laboratorium Elektronika yang berada di Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret selalu berkoordinasi dengan Laboratorium Teknik Tenaga Listrik, Laboratorium Otomasi dan Robotika dan Laboratorium Instrumentasi dan Kendali UNS. Hal ini dilakukan agar terjadi sharing informasi dan teknologi serta membantu dalam pelaksanaan e-learning.

KURIKULUM

Bidang Peminatan Teknik Elektro S1 memiliki 4 (empat) bidang peminatan/bidang studi/ konsentrasi, yang disesuaikan dengan potensi yang telah tersedia, yaitu :

  1. Sistem Energi Listrik (Teknik Ketenagalistrikan)
  2. Sistem Isyarat Elektronik (Elektronika / Komunikasi)
  3. Sistem Mektronika (Teknik Kendali/ Kontrol/ Pengaturan)
  4. Sistem Informatika (Teknik / Teknologi Komputer)

Our Professors

Prof. Dr. Ir. Susy Susmartini MSIE
Prof. Dr. Ir. Susy Susmartini MSIE

Sistem Perencanaan Industri/ Sistem Perancanaan dan perancangan Produk

Prof.Dr.Ir. Sobriyah M.S.
Prof.Dr.Ir. Sobriyah M.S.

Bidang Ilmu Sumber Daya Air, Analisa Numerik

Prof. Muhammad Nizam S.T,M.T,Ph.D.
Prof. Muhammad Nizam S.T,M.T,Ph.D.

Bidang Ilmu Teknik Kelistrikan

Our Gallery