Launching Wahana Tim Bengawan Uv Uns Untuk Krti Dan Kkctbn 2019
Home
Berita
Launching Wahana Tim Bengawan Uv Uns Untuk Krti Dan Kkctbn 2019
27 September 2019 | 64

Launching Wahana Tim Bengawan Uv Uns Untuk Krti Dan Kkctbn 2019

Surakarta, 27 September 2019 – Launching wahana Tim Bengawan Unmanned Vehicle(UV) untuk Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2019 dan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019 dilakukan pada Jumat (27/9) di Rektorat Universitas Sebelas Maret. Wahana yang diperkenalkan adalah wahana dari kategori Fixed Wings, Racing Plane, dan Vertical Take Off and Landing untuk KRTI serta wahana kategori Autonomous Surface Vehicle, Electric Remote Control, serta Fuel Engine Remote Control untuk KKCTBN 2019.

Tim Bengawan Unmanned Vehicle (UV) sendiri adalah tim riset dari Universitas Sebelas Maret yang berfokus pada riset wahana tanpa awak, khususnya pesawat dan kapal. Acara launching wahana dan pelepasan Tim Bengawan UV UNS dilakukan oleh jajaran rektor, dekan, dan dosen pembimbing yang ditandai dengan pembukaan tirai wahana. Kontes Robot Terbang Indonesia akan diselenggarakan pada 1-6 Oktober 2019 di Universitas Negeri Surabaya. Tim Bengawan UV UNS mengirimkan tiga perwakilan dalam tiga kategori. Tahun ini merupakan tahun ketiga Tim Bengawan UV UNS mengikuti KRTI. Pada tahun pertamanya, Tim Bengawan UV mendapatkan predikat pendatang baru terbaik pada kategori Fixed Wings. Di tahun kedua, Tim Bengawan UV mendapat predikat tim dengan progresivitas terbaik pada kaegori Vertical Take Off and Landing.

Sedangkan untuk Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional, tahun ini merupakan tahun kedua bagi Tim Bengawan UV UNS dalam mengikuti KKCTBN. Di tahun 2018 yang merupakan keikutsertaan yang pertama kali, Tim Bengawan UV menyabet juara 2 pada kategori Electric Remote Control.

Pada KRTI dan KKCTBN 2019, setiap kategori memiliki misi lomba yang berbeda-beda. Kategori Racing Plane memiliki misi yaitu adu kecepatan pesawat dengan jarak tempuh yang telah ditentukan. Kategori VTOL memiliki misi adu kecepatan dalam dropping barang di area yang telah ditentukan. Kemudian kategori Fixed Wings memiliki misi mapping dan monitoring suatu wilayah.

Kategori dalam KKCTBN 2019, terdiri dari Autonomous Surface Vehicle (ASV) yang memiliki misi menjalankan kapal hingga sesuai dengan lintasan yang telah dibuat dengan menggunakan kendali otomatis dengan sensor warna. Kategori Electric Remote Control adalah kategori lomba yang memiliki misi adu cepat kapal kendali jarak jauh. Sedangkan kategori Fuel Engine Remote Control memiliki misi yaitu, adu cepat kapal berbahan bakar bensin dengan kendali jarak jauh.

Tags: fakultas-teknik,teknik-mesin

0 Comments

Leave a comment