Fakultas Teknik Sambut Mahasiswa Baru Pascasarja dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Periode I Tahun Akademik 2022/2023

19 September, 2022

FT UNS – Dalam menyambut Mahasiswa Pascasarjana, Fakultas Teknik mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru secara daring bertempat di Ruang Multimedia Gd. IV Fakultas Teknik UNS. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan FT Dr Techn. Ir. Sholihin As’ad, M.T., Wakil Dekan Prof. Ir. Dody Ariawan, S.T., M.T., Ph.D., dan Kaprodi S3 dan S2 Fakultas Teknik.

Acara dibuka dengan sambutan Dekan FT, Ir. Sholihin menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung para Mahasiswa Baru S2 dan S3 Fakultas Teknik. PKKMB Pascasarja ini dahulunya masih berjalan dengan PKKMB Universitas, namun 2 tahun belakangan PKKMB Pascasarjana kini dikembalikan ke Fakultas masing-masing.

Mahasiswa Baru pascasarjana Fakultas Teknik berjumlah 74. Total mahasiswa S2 terdapat 31 Mahasiswa dan S3 terdapat 23 Mahasiswa. Jumlah tersebut terbagi menjadi, S2 Teknik Sipil 27 mahasiswa, S2 Arsitektur 5 mahasiswa, S2 Teknik Industri 8 mahasiswa, S2 Teknik Mesin 9 mahasiswa, S2 kimia 2 mahasiswa, S3 Teknik Sipil 3 mahasiswa, S3 Teknik Industri 12 mahasiswa, dan S3 Teknik Mesin 8 mahasiswa.

Dalam acara selanjutnya yaitu penyampaian peraturan dan informasi pascasarjana serta website yang akan digunakan mahasiswa pascasarjana. Dipaparkan oleh Prof. Dr. Triyono, S.T., M.T., dalam paparannya Prof. Triyono juga menjelaskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Pada S3 terdapat 6 Semester, 42 SKS, dan terdapat mata kuliah wajib Filsafat Ilmu, Metodelogi Penelitian, dan disertasi untuk seluruh UNS.dalam Lulusan Doktor terdapat CPL, yaitu Disertasi; Artikel masuk jurnal internasional bereputasi; Dipresentasikan seminar internasional serta diterbitkan dalam bentuk prosiding internasional. Komponen lulusan S3 lainnya yaitu buku, prototipe dan paten.

Lalu untuk S2, terdapat 4 Semester, 36 SKS juga terdapat mata kuliah wajib Berpikir Ilmiah dan Metodelogi Penelitian. CPL Magister tidak jauh beda dengan CPL Doktor yaitu; Tesis; Artikel masuk jurnal internasional bereputasi; Dipresentasikan seminar nasional/internasional serta diterbitkan dalam bentuk prosiding internasional. Componen lulusan S2 lainnya, buku, prototipe dan paten.

Dekan FT juga menambahkan informasi perihal program UNS Global Challenge di mana kita mahasiswa dapat mengajukan pendanaan untuk membiayai kursus yang mahasiswa ajukan. Program Global Challenge ini terdapat 2-3 tahun sekali.

Kemudian terdapat Program Double Degree dari Kerjasama Fakultas Teknik dengan National Central University (NCU) Taiwan. Program tersebut memiliki keuntungan seperti dapat kuliah di UNS dan NCU; Ketika di NCU, tidak perlu membayar SPP baik di UNS maupun di NCU, pendanaan yang dibutuhkan hanya untuk riset dan biaya hidup di Taiwan; NCU mensyaratkkan 2 publikasi di jurnal Internasional.

Acara tersebut berlangsung dengan lancar. Pemaparan Prof. Triyono dan imbuhan dari Dekan FT semoga dapat memberikan semangat bagi para mahasiswa pascasarjana untuk memberikan riset terbaik mereka. Selamat datang dan selamat bergabung Mahasiswa Pascasarjana Fakuktas Teknik UNS. - HUMAS FT/AI EDITOR FT/ KNH