21 April, 2025
FT UNS – Center for Engineering Education (CEE) Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) sukses menyelenggarakan workshop bertajuk “From Practice to Publication in Engineering Education” pada 16 hingga 17 April 2025. Bertempat di Ruang Sidang Senat Gedung Ir. RPM. Kasifudin FT UNS, kegiatan ini menghadirkan 35 peserta dari berbagai program studi dan institusi yang antusias untuk mengasah kemampuan menulis dan mempublikasikan hasil karya ilmiah di jurnal bereputasi dalam bidang engineering education.
Workshop ini dibuka secara resmi oleh Dekan FT UNS, Prof. Dr. Ir. Wahyudi Sutopo, S.T., M.Si., yang menegaskan bahwa tantangan transformasi digital dan revolusi industri tidak hanya harus dijawab dari sisi teknologi, tetapi juga melalui kontribusi akademik yang terdokumentasi.
“Engineering education bukan hanya soal teknologi, tapi bagaimana proses belajar mengajarnya bisa ditransformasikan menjadi ilmu yang dibagikan secara global melalui publikasi,” ujarnya.
Hadir sebagai narasumber utama dua akademisi dari Universiti Teknologi Malaysia, Dr. Nurzal Effiyana Ghazali dan Dr. Noor Farahwahidah membagikan pengalaman mereka dalam menjadikan aktivitas mengajar dan inovasi pembelajaran sebagai bahan tulisan ilmiah. Selama dua hari pelaksanaan, peserta mendapat kombinasi materi dan praktik langsung dalam menyusun naskah publikasi, mulai dari ide, struktur penulisan, hingga simulasi penyusunan draft artikel.
Dr. Noor Farahwahidah , akrab disapa Dr Farah menyampaikan bahwa kunci utama untuk memulai adalah kepercayaan diri.
“Peserta workshop sangat antusias dan workshop ini menjadi wadah yang tepat untuk memulai, tumbuh dan berkembang. Engineering education adalah hal baru bagi para peserta sehingga kami di sini tidak hanya memfokuskan pada teori tapi menekankan membangun percaya diri untuk menuliskan riset dan melakukan publikasi” jelas Dr Farah
Dr. Nurzal dalam pernyataannya menambahkan bahwa konsistensi, lingkungan yang supportif dan partner yang tepat dapat mendorong produktifitas menulis.
“Lingkungan yang supportif seperti komunitas dengan tujuan yang sama dapat mendorong kita lebih produktif dalam menuliskan dan mempublikasikan penelitian. Bahkan partner yang tepat dapat mendorong kita ke arah yang lebih baik” imbuh Dr Nurzal
Antusiasme peserta terlihat tinggi, terutama dalam sesi diskusi, tanya jawab, hingga penulisan kelompok. Dengan pendampingan intensif dari narasumber, para peserta tidak hanya memahami teori, namun juga mampu menghasilkan draft artikel ilmiah yang siap dikembangkan lebih lanjut untuk publikasi. Salah satu peserta, Agus Mujianto, dosen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dan mahasiswa S3 Ilmu Teknik Mesin UNS, mengungkapkan kesannya,
“Workshop ini sangat membuka wawasan saya. Selama ini saya lebih banyak menulis riset teknis, tetapi di sini saya belajar bagaimana aktivitas mengajar pun bisa menjadi bahan tulisan ilmiah yang berkualitas. Pendekatannya sangat aplikatif dan mudah diikuti.” Ungkapnya.
Workshop ditutup oleh Ketua CEE FT, Dr.techn. Ir. Sholihin As'ad, M.T., yang menyampaikan apresiasi kepada seluruh narasumber dan peserta atas komitmennya dalam mendorong kemajuan pendidikan teknik. Ia menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari visi besar CEE FT UNS untuk membangun ekosistem akademik yang kolaboratif dan produktif, khususnya dalam bidang engineering education.
“Harapan kami program ini dapat melatih para peserta dan dapat menghasilkan buku buku engineering education yang kedepannya dapat membantu Fakultas dalam menjalankan pendidikan keteknikan yang lebih baik” ujar Dr. Sholihin
Dengan terselenggaranya workshop ini, CEE FT UNS berharap semakin banyak dosen dan peneliti di bidang teknik yang terdorong untuk menuangkan pengalaman dan inovasi pembelajarannya ke dalam bentuk tulisan ilmiah. Praktik-praktik baik dari ruang kelas dan laboratorium diharapkan bisa menginspirasi, menjadi referensi, dan memberi kontribusi pada komunitas pendidikan teknik global