Center for Engineering Education FT UNS Adakan Workshop "Exploring SoTL: Turning Educational Practices into Publishable Research"

11 October, 2024

FT UNS –Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Center for Engineering Education (CEE) sukses menggelar workshop Internasional bertajuk "Exploring SoTL: Turning Educational Practices into Publishable Research" pada 10 Oktober 2024. Acara yang berlangsung di Ruang Sidang Senat FT UNS ini menjadi ajang penting bagi para akademisi untuk menggali potensi riset dalam bidang pendidikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di era modern.

Workshop ini dihadiri oleh puluhan dosen dan akademisi dari berbagai universitas di Surakarta dan Semarang. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Eko Surojo, S.T., M.T., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Penelitian FT UNS, menyampaikan apresiasinya atas antusiasme para peserta yang hadir. "Saya sangat berterima kasih kepada seluruh dosen dan civitas akademika yang hadir di CEE 2024 ini. Harapannya, workshop ini tidak hanya memperkuat kualitas riset pendidikan di FT UNS, tetapi juga menjadi langkah awal dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif di sem,ua program studi," ungkap Prof. Eko.

Hadir sebagai pembicara utama, Ir. Ts. Dr. Zaki Yamani Zakaria dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) membawakan materi yang sangat relevan dan inspiratif. Sebagai ahli dalam Active Learning (AL), Cooperative Learning (CL), dan Problem-Based Learning (PBL), Dr. Zaki mengajak para dosen dan peneliti untuk lebih mengapresiasi praktik pembelajaran mereka dan menjadikannya sebagai bahan riset yang layak dipublikasikan. Dengan latar belakangnya sebagai editor jurnal internasional, Dr. Zaki memberikan panduan praktis untuk menulis, meneliti, dan menerbitkan hasil penelitian di jurnal internasional.

"Kita berada di era dimana mahasiswa didominasi oleh Generasi Z dan Generasi Alpha, yang memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif. Melalui penelitian yang berbasis pada praktik-praktik inovatif seperti Active Learning dan Problem-Based Learning, kita bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran dan berbagi pengetahuan tersebut di kancah internasional," tutur Dr. Zaki dalam sesinya.

Peserta yang berasal dari Surakarta dan Semarang ini tampak sangat antusias mengikuti setiap sesi, mengingat urgensi pengembangan metode pembelajaran yang lebih sesuai dengan karakteristik mahasiswa saat ini. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Dr. Zaki terkait tantangan dan peluang dalam melakukan riset berbasis praktik pembelajaran.

Dengan suksesnya pelaksanaan workshop ini, FT UNS semakin menunjukkan komitmennya dalam memajukan pendidikan dan berperan aktif dalam mendukung pengembangan Scholarship of Teaching and Learning (SoTL) di Indonesia.

Humas FT-Werna.

Editor-Pratikno.