13 November, 2024
FT UNS – Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) sukses menggelar seminar kewirausahaan x Alumni Talk bertajuk "Mastering Entrepreneurship: Effective Promotion and Branding in the Digital Era," dengan menghadirkan dua narasumber expert, yakni Leonardo Sri Pamungkas, Vice President Bank Mandiri area Solo, dan Muhammad Nur Ikhsanudin, alumni Teknik Kimia FT UNS yang kini menjabat sebagai CEO di PT Polimikro Berdikari Nusantara. Bertempat di Ruang Seminar Utama FT UNS, acara yang diadakan pada 8 November 2024 ini mengajak para mahasiswa untuk menggali lebih dalam tentang kewirausahaan di era digital.
Acara yang diadakan oleh BEM FT UNS ini dibuka secara resmi oleh dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Ir. Wahyudi Sutopo, S.T., M.Si, IPU. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya memiliki jiwa kewirausahaan dan memulai untuk reorientasi.
“ Sebagai seorang engineer yang adaptif, salah satu skill yang bisa menjadi alternatif setelah lulus adalah entrepreneurship. Jiwa wirausaha tidak selalu berasal dari bid Ekonomi saja, namun sebagai engineer kita juga harus menghilirkan produk – produk yang kita ciptakan. Karena ujung dari hilirisasi adalah masuknya ke dunia bisnis” ungkap Prof Wahyudi.
Seminar ini mendatangkan Leonardo Sri Pamungkas, Manager Bank Mandiri Area Solo yang menyampaikan pentignya membangun kewirausahaan melalui digitalisasi dan inovasi.
Leonardo, yang telah meniti karier lebih dari satu dekade di Bank Mandiri, menjelaskan tentang peran penting kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia. Dalam sesinya, ia menyampaikan bahwa kewirausahaan bukan hanya soal membangun usaha, tetapi juga mengenai keberanian dan kreativitas dalam menciptakan nilai ekonomi baru. Di Bank Mandiri, program seperti Wirausaha Muda Mandiri (WMM) telah mendukung ribuan wirausahawan muda untuk berkembang dengan memberikan pelatihan dan dukungan finansial. Selain itu, Leonardo menekankan pentingnya digitalisasi melalui e-commerce dan media sosial sebagai alat memperluas jangkauan usaha.
Acara ini juga menghadirkan Muhammad Nur Ikhsanudin di sesi Alumni Talk, mengulik seputar Strategi Branding dan Pentingnya Milestone untuk Bisnis. Ikhsanudin, sebagai alumni Teknik Kimia FT UNS dan CEO PT Polimikro Berdikari, berbagi wawasan mengenai pentingnya branding dan juga melakukan sinergi - kolaborasi dengan berbagai pihak. Menurutnya, branding adalah proses membangun janji, ide, reputasi, dan harapan yang kuat dalam benak konsumen. Di era digital, strategi seperti SEO, media sosial, hingga co-branding dengan influencer sangat efektif dalam meningkatkan brand awareness dan memperkuat posisi perusahaan di pasar.
Ikhsanuddin juga menerangkan bahwa Milestone itu seperti peta penunjuk jalan. Pebisnis yang baik pasti punya milestone jangka panjang dan pendek agar tetap ingat tujuan dan bagaimana cara mencapainya.
“Memang, sebagai engineer yang tak biasa dengan milestone bisnis, ini tak mudah. Tapi coba mulai dengan berdiskusi bersama teman atau ahli untuk menyerap ilmunya. Saya sering melakukan ini karena tahu bahwa pengetahuan yang saya miliki masih terbatas,” terang Ikhsan lebih lanjut.
Tidak hanya berbagi terkait branding, CEO PT Polimikro Berdikari yang juga merangkap sebagai Founder dan CEO Mitra Domba Investama ini memotivasi untuk segera mengambil langkah. Memulai sebagai entrepreneur pasti akan menghadirkan rasa takut dan keraguan, sama seperti saat harus memilih tempat kerja. Namun, ketika seseorang memiliki minat di dunia bisnis, ia menyarankan untuk mencoba terlebih dahulu. Meskipun tidak semua jalan akan mulus, pengalaman melihat potensi pendapatan dari bisnis dapat menjadi daya tarik tersendiri. Lebih dari itu, berbisnis juga membuka peluang untuk menciptakan lapangan kerja baru. Ikhsanudin menekankan bahwa pengusaha skala kecil, mikro, dan menengah telah menjadi penopang utama dalam menyelamatkan Indonesia dari keterpurukan ekonomi selama masa pandemi. Ini merupakan sebuah bukti bahwa keberanian memulai usaha akan memiliki dampak yang sangat besar.
Acara ini tidak hanya memberikan wawasan mendalam mengenai kewirausahaan dan branding, tetapi juga menginspirasi para peserta untuk memulai perjalanan mereka sebagai entrepreneur. Pesan Ikhsan dan Leonardo menjadi dorongan bagi mahasiswa FT UNS untuk berani mengambil langkah, melihat peluang, dan berkontribusi pada perekonomian Indonesia melalui usaha kreatif di era digital.
Humas FT-Werna.
Editor-Pratikno.